field trip…

sudah lama gw ga update blog bapuk inih…

pas tadi siang meeting sekaligus lunch bareng klien disalah satu mall yang terletak ditengah central business district gw ngeliat banyak anak2 kecil. gw pikir ada apa, ternyata mereka lagi pada field trip. gw berpikir, nih gurunya yang sarap apa kurikulum pendidikannya yang kacau? field trip tuh bukannya ke museum atau ketempat lain yg jelas2 lebih berguna daripada cuma ke mall. pelajaran apa yang didapat anak2 kecil itu selain hidup konsumtif? memang sih dari kecil mereka bisa tau apa itu louis vuitton, brand yang mungkin dipakai sama orangtua mereka. absurd banget deh jakarta ini…

anak SD field trip ke mall

anak SD field trip ke mall

anak SD memenuhi mall

anak SD memenuhi mall

~ by venomious on November 13, 2008.

9 Responses to “field trip…”

  1. padahal dulu ada larangan anak sekolah (yang berseragam sekolah) masuk ke mall ya? kemanakah laranngan itu sekarang? heraannn…

  2. hihi. field trip yg aneh…

  3. eh, berhubung gue punya anak di TK, jadi gue tahu gunanya field trip itu.

    Mereka dikenalkan pada uang sebagai alat barter masa kini, dikenalkan pada nilai uang mereka jika dipakai untuk membeli healthy food, dan apa akiabtnya kalau mereka membelanjakan uangnya untuk UN-healthy food.

    Mereka diajarkan juga untuk memahami value of their money. Tiap anak diwajibkan membawa uang Rp 5.000 dan membelanjakan sendiri uang tersebut.

    Habis itu sepulangnya, mereka akan menusun laporan dan present infront of the class, what had they bought, how much money they had spent and how much money left.

    Bagus kok field trip seperti itu, menurut aku loh ya, karena biasanya yang field trip ke mall itu sekolah yang udah International minded. Selain ke mall, mereka juga ke Istana negara (sebelumnya bikin surat dulu untuk pak presiden), trus field trip ke bandara (mulai dari beli tiket, sampai bayar pajak bandara dan naik ke pesawat, juga mereka lakoni, dan tanpa didampingi oleh org tua, jadi benar2 diajarin mandiri). Gak usah dicritain dong kalo fieldtripnya ke kebonbinatang atau pasar traditional, tapi kalo field trip-nya ke mall, terminal bis dan ke restoran (kek pizza hut) menurut saya emang sudah saatnya diajarkan sejak dini pada anak2, biar mereka mandiri.

    apa cara berfikir gue yang terlalu luas ya?… Gak tahu sih, cuma menurut gue, anak jaman sekarang tuntutannya dah beda sama jaman kita dulu, jadi mereka juga harus kita persiapin lebih mateng dan mandiri… tentu dengan pemahaman yang bener… gak cuma dilepas dimal trus udah, dibiarin klayapan sendiri, kek anak2 ABG yang klururan di mal pake seragam sekolah. 🙂

  4. wah kalo field trip yg kebandara gitu gw pernah liat tuh sil cuman ya sekolah internasional sih memang. bener juga kalo ngajarin anak2 kecil itu mandiri sedini mungkin, ga terpikir sama gw sebelumnya…

  5. jaman tk gue dulu belom ada mall kayak begini, paling banter ratu plaza atau aldiron. jadi kaga ada tuh field trip-field tripan. yang ada tiap hari kartini gue pake baju tukang sate dari madura 😀

  6. fotonya enak dilihat.. niat juga ya motretnya 🙂 yah, jaman udah berubah. sekarang pendidikan diarahkan untuk kepentingan industri. ada juga sekolah yang mengajarkan wirausaha, itu baru oke. btw, kalo dipikir2, jaman saya SD juga ‘disiksa’ lho. murid2 malah pada disuruh nonton bareng film2 perang yang ada adegan penyiksaan. sadis yak? 😀

  7. Gue field trip pas TK malah nonton film The Never Ending Story di bioskop – duh asyik banget, ampe sekarang tuh perasaan senengnya nggak bakal lupa!

    Sangat tidak nyambung sekali ya?

  8. itu mau field trip ke kidzania kali…

  9. Clingak-clinguk nyari yang punya blog………..

    UPDATEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE!!!

Leave a Reply

 
